RSS

Bulan Merah Putih

11 Aug

Bulan agustus identik dengan warna merah dan putih. Warna itu berasal dari warna bendera bangsa ini. Hampir setiap rumah disetiap daerah memasang bendera yang hanya memiliki dua warna tersebut. Bentuknya pun bermacam-macam. Bentuk standar bendera yang berbentuk persegi panjang sudah tentu ada. Bentuk-bentuk lainnya seperti bentuk bordiran ditepi-tepi bagian atap rumah, bentuk umbul-umbul, bentuk bendera-bendera kecil yang berjumlah banyak dengan posisi vertikal, dan banyak lagi kreasi bentuk lainnya.
Pada bulan ini banyak jenis perlombaan yang diadakan oleh tiap-tiap desa. Mulai dari lomba balap karung, tarik tambang, panjat pinang, dan berbagai aneka jenis lomba lainnya. Biasanya tiap-tiap daerah punya kreasi sendiri dalam mengadakan suatu perlombaan. Namun jenis perlombaan yang tidak pernah ketinggalan pada saat-saat hari kemerdekaan seperti ini adalah Panjat Pinang.
Didaerahku sendiri, Tanjungbatu, pada saat hari kemerdekaan sepeti ini biasanya banyak sekali event-event yang diadakan. Pawai atau karnaval adalah salah satu event yang tidak pernah ketinggalan. Biasanya event ini diikuti oleh para pelajar seluruh Tanjungbatu. Mulai dari tingkat SD hingga tingkat SLTA.
Dalam kegiatan pawai ini banyak sekali hal-hal menarik yang dapat disaksikan. Biasanya para pelajar tersebut berkreasi dengan gaya-gaya yang unik. Ada yang berpakaian adat (pakaian adat dari semua suku di Indonesia), menggunakan kostum-kostum para pekerja seperti dokter, hakim, petani, dll.
Selain itu ada juga kreasi-kreasi unik dari setiap kendaraan seperti sepeda dan mobil yang dihias semau gue. biasanya sebuah sepeda dihias dengan berbagai jenis bahan dan warna sehingga tampak norak (tapi keren 🙂 ). Lalu kendaraan seperti mobil biasanya dibuat seperti bentuk kapal laut.
Dalam kegiatan pawai ini ada salah satu kesenian dari daerah yang tidak pernah ketinggalan, Reog. Kesenian dari daerah ponorogo ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Tanjungbatu. Biasanya kalau atraksi ini sudah muncul anak-anak kecil pada lari semua. Tampang Reog ponorogo yang menyeramkan membuat para bocah ketakutan.
Bulan agustus memang terasa beda dari bulan-bulan lainnya. Nuansanya memiliki kesan tersendiri bagi setiap orang. Lagu-lagu kebangsaan yang jarang didengar pada bulan-bulan biasa menjadi hits pada bulan merah putih ini. Nuansa-nuansa di stasiun televisi pun berubah jadi lebih merdeka (apa maksudnya?? :D).
Pada bulan ini merupakan bulan yang istimewa bagi yang mempunyai nama Agus. Nama-nama seperti itu notabene lahirnya pada bulan Agustus. Tapi sepertinya tidak ada yang punya nama yang selengkap nama bulannya, Agustus (ada gak sih??). Selamat ulang tahun aja deh buat teman-temanku yan bernama Agus (juga buat yang lahir bulan ini tapi gak pake Agus :).

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on August 11, 2008 in Uncategorized

 

One response to “Bulan Merah Putih

  1. romanzah

    April 11, 2014 at 5:36 pm

    Saya juga termasuk penjual musiman benderamerah putih
    kalo sedangbutuh bendera bisa mengunjungi kami di juraganbendera.com

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: