RSS

Motivator Sesungguhnya

19 Dec

ibnu-sina

Motivasi dalam suatu kehidupan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Setiap orang memiliki cara berbeda-beda dalam menumbuhkan motivasi pada dirinya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memiliki kata-kata penggugah yang sesuai dengan dirinya. Biasanya kata-kata penggugah yang sering digunakan adalah kata-kata yang keluar dari mulut orang-orang sukses. Orang yang sudah melakukan sesuatu dengan sukses lebih mudah didengar kata-katanya. Karena pada dasarnya manusia itu membutuhkan teladan yang baik.

Ustadz yang bertindak sesuai dengan perkataannya akan lebih mudah mempengaruhi orang lain dalam memberikan ceramah-ceramahnya. Jika seorang ustadz mengatakan bahwa merokok itu lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya, maka seorang perokok akan lebih memperhatikan apa yang diucapkan oleh sang ustadz. Bahkan mungkin saja dalam beberapa minggu perokok tersebut akan segera menghentikan kebiasaan buruknya itu. Selain itu, seorang yang pintar dalam menguasai suatu mata pelajaran akan lebih didengarkan penjelasannya dalam menjelaskan suatu permasalahan. Bahkan jika dalam memberikan penjelasan tersebut terdapat beberapa kesalahan, seseorang yang sudah terlalu percaya kepada orang pintar itu tidak akan merasakan kesalahan tersebut. Begitulah kekuatan pengaruh dari orang-orang yang sudah membuktikan keberhasilannya.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang memberikan siraman motivasi yang biasa disebut dengan Motivator. Setiap motivator memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan resep motivasinya. Ada yang menyampaikan melalui tulisan ada pula yang menyampaikan langsung dengan lisan. Seorang motivator yang memberikan resep motivasi melalui tulisan biasanya menerbitkan sebuah buku motivasi. Saat ini banyak sekali buku-buku motivasi yang tersedia ditoko-toko buku. Buku-buku motivasi yang menjadi pilihan banyak orang adalah buku motivasi yang pembahasannya lebih dekat dengan keseharian seseorang. Selain itu, penjelasan yang mudah dicerna juga jadi pertimbangan seseorang untuk memilih sebuah buku motivasi.

Seorang motivator yang menularkan resep-resepnya langsung melalui lisan biasanya lebih sering mengadakan sebuah trainingmotivasi dengan biaya yang telah ditentukan. Motivator yang menggunakan cara ini dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Jika motivator yang menyampaikan ilmunya melalui tulisan dibutuhkan kekreatifan dalam penyajian tulisannya, namun seorang motivator yang menggunakan metode lisan, selain dibutuhkan kekreatifan, diperlukan juga keahlian dalam berinteraksi dengan orang lain yang mendengar secara langsung.

Walau banyak orang yang menamakan dirinya sebagai motivator namun motivator yang sesungguhnya adalah orang-orang yang sudah melakukan sesuatu dengan baik yang dapat dijadikan teladan bagi orang lain. Mereka pantas disebut sebagai motivator sejati. Banyak sekali orang-orang sukses yang bisa dijadikan teladan. Salah satunya yang juga merupakan The Real Motivatoradalah Rasulullah Muhammad SAW. Akhlak beliau yang mulia juga keberhasilan beliau dalam berwirausaha merupakan contoh yang bisa menjadikan umat sejahtera jika setiap orang menerapkannya.

Masih banyak lagi daftar motivator sejati yang mampu menggugah seseorang untuk bisa seperti mereka. Diantaranya Thomas Alva Edison yang berhasil menemukan bola lampu setelah melakukan 65.000 kali percobaan. Lalu Ibnu Sina seorang bapak kedokteran yang berhasil menemukan cara pengobatan dengan memasukkan obat dengan penyuntikan ke bawah kulit yang sekarang dikenal dengan istilah suntik. Alkhawarizmi seorang ilmuwan yang menemukan ilmu algoritma. Albert Einstein seorang ilmuwan yang terkenal dengan formula E=mc² yang ketika kecil selalu diremehkan teman-temannya.

Selain motivator sejati yang hidup sebelum abad 21 tersebut, namun banyak juga motivator sejati yang hidup pada jaman sekarang ini. Sebut saja Muhammad Yunus peraih nobel perdamaian asal Pakistan yang berhasil memajukan kehidupan orang-orang yang kurang mampu dengan mendirikan Garmeen bank.Lakhsmi Mittal, pria keturunan India yang masa kecilnya dijalani dengan penuh keprihatinan namun saat ini mampu membuktikan sebagai orang yang pernah menduduki peringkat pertama orang terkaya di Inggris. Lalu empat sekawan asal Yogyakarta yaitu Fath Aulia Muhammad, Eko Yulianto, Febri Triyanto, dan Asyari Tamimi yang berhasil merintis bisnis singkong goreng yang diracik dengan menarik dan enak yang mampu menghasilkan omset 2-3 miliar per bulan yang terkenal dengan nama Tela-tela.

Masih banyak lagi motivator sejati yang dapat dijadikan contoh untuk bisa membawa seseorang menggapai mimpi-mimpinya. Sekarang saatnya giliran kita untuk bisa menjadi teladan bagi orang lain. Jangan hanya menjadi pengikut. Tetapi buktikan bahwa kita juga mampu menyebarkan manfaat bagi orang lain. Semua orang, tanpa terkecuali, memiliki potensi untuk berhasil seperti orang-orang diatas tersebut. Kuncinya adalah terus berusaha tanpa pernah kenal menyerah!

Advertisements
 
6 Comments

Posted by on December 19, 2008 in Motivasi, Uncategorized

 

6 responses to “Motivator Sesungguhnya

  1. akudanduniaku

    December 30, 2008 at 7:07 am

    mudah2an ntar aku bisa jadi motivator buat suamiku dan anak2ku..amin…hohoho

     
  2. dewapos bali

    January 18, 2009 at 10:06 am

    nah bagi yang INGIN belajar bisnis online maka anda berhak download E-book panduanya supaya bisa mengikuti bisnis-bisñis yg di dalam internet marketing silahkan download melalui blog saya http://www.bisnisdewa.co.cc

     
  3. Roby

    January 18, 2009 at 10:34 am

     
  4. inovadli

    January 18, 2009 at 1:16 pm

    @akudanduniaku
    smoga saja. Amin..

    @dewapos
    trimakasih mas atas informasinya..

    @Roby
    makasi telah berkenan berkunjung k blog sy

     
  5. eko1984

    February 6, 2009 at 12:03 pm

    Kunjung balik mas fadli..

    Artikelnya boleh juga nih mas..

    Keren, klo kita bisa menjadi seperti mereka..

    N, smoga qt bisa menjadi seperti itu. ya paling tidak berusaha menjadi yg lebih baik..

    thanx mas fadli, n salam kenal

     
  6. inovadli

    February 12, 2009 at 1:28 am

    @eko1984
    moga aj mas eko bs sperti mereka.
    saya jg tentunya hehe..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: