RSS

A Magic of Deadline

30 Jun

deadlineDeadline atau dikejar target adalah sebuah kata yang memiliki momok menakutkan bagi sebagian orang. Keharusan untuk segera menyelesaikan suatu tugas membuat mereka yang di landa deadline merasa tertekan. Apalagi jika persiapan yang dilakukan belum maksimal dan resiko yang harus ditanggung jika kebobolan deadline cukup mengerikan. Maka hal itu dapat mengakibatkan keringat bercucuran, nafas terengah-engah karena ketergesaan, jantung berpacu dengan cepat, dan pikiran-pikiran negatif terhadap resiko yang akan diterima semakin membayangi pikiran.

Tetapi dibalik momok menakutkan sebuah deadline tersebut sebenarnya terdapat sesuatu yang “ajaib”. Sebagian besar mereka yang terjebak deadline justru mampu menyelesaikan tugasnya sebelum masa deadline itu tiba. Bahkan mungkin ada yang tidak menyangka bahwa dirinya bisa melakukan hal itu.

Kebiasaan mengerjakan sesuatu pada saat-saat terakhir masa tenggat seperti ini memang tidak dianjurkan. Karena hal ini tentu saja seperti memperbolehkan menunda suatu pekerjaan. Selain itu kebiasaan untuk bertindak diawal waktu menjadi terabaikan.

Walau ada suatu “keajaiban” dibalik sebuah deadline, tetapi bukan berarti hal itu bisa didapatkan begitu saja tanpa ada tindakan sedikitpun yang juga merupakan faktor terjadinya “keajaiban” tersebut. Keajaiban suatu deadline yang dimaksud adalah dimana seseorang sudah bekerja keras tetapi masih belum memberikan hasil yang maksimal sedangkan batas waktu yang diberikan sudah didepan mata. Kasus seperti inilah yang sering mendapatkan bantuan berupa “keajaiban” .

Tak perlu terlalu khawatir jika deadline hampir mendekat sementara kerja keras sudah dilakukan dengan maksimal. Sesungguhnya dibalik kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya dibalik kesulitan itu ada kemudahan. Hingga dua kali Allah SWT menyebutkan kalimat tersebut didalam Q.S. Al Insyirah. Yakinlah dengan “keajaiban” (yang tidak lain merupakan campur tangan-Nya) jika sedang menghadapi suatu deadline sementara sudah bekerja keras  dengan maksimal sebelumnya. Allah SWT tidak pernah mengabaikan bagi hambanya yang bersungguh-sungguh.

Seperti pepatah arab, Man Jadda Wa Jada.  Siapa yang bersungguh-sungguh, maka akan mendapatkan apa yang diharapkannya.

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on June 30, 2009 in Uncategorized

 

2 responses to “A Magic of Deadline

  1. dhodie

    October 27, 2009 at 2:46 am

    Gw malah suka deadline… buat gw it’s cool karena seluruh tenaga, pikiran, dan waktu gw akan fokus mengalahkan si garis mati itu..

    Postingan gw tentang Garis Mati Bilang Pada Hidup

     
  2. tikapinkhana

    November 2, 2009 at 1:27 pm

    Ga suka deadline rasanya terburu-buru, emang sih jd bener-bener maksimal ngerjainnya ga lirik urusan lain tapi paling enak lagi ngerjain kerjaan dengan santai sebelum garis mati

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: