RSS

Bye, Vietnam!

18 Aug

Hari terakhir di Hanoi. Hari terakhir pula Aku menginjak daratan sepanjang dari Malaysia hingga Vietnam ini. Tidak ada lagi perjalanan jalur darat. Selesai sudah memanfaatkan jasa bus. Hari ini Aku akan menuju Singapura menggunakan pesawat.

Jarum jam sudah mengarah di angka 6 pagi. Aku bergegas mandi. Lalu mengemas barang untuk check-out dari hostel. Berpamitan pada Brandon yang masih tinggal di hostel satu malam lagi. Segera Aku menuju lantai bawah. Menyelesaikan administrasi kepada resepsionis. Membayar USD 15 selama tiga malam menginap.

Perlahan ku langkahkan kaki meninggalkan hostel. Berjalan menuju pool bus bandara. Jaraknya cukup dekat dari hostel tempatku menginap. Pool bus bandara terdapat di sebuah perempatan dekat kantor Vietnam Airlines. Jika hendak mencari keberadaannya, tanyakan saja kepada warga setempat dimana kantor Vietnam Airlines. Karena lebih mudah dikenal oleh warga di sini.

Beberapa bus bandara tampak terparkir di depan kantor. Posisi pool ini memang berada di dekat bahu jalan namun cukup lebar sehingga tidak menghalangi bagi pejalan kaki yang melintasi trotoar. Bus bandara ini sejenis minibus. Berukuran sedang yang memuat sekitar 15 penumpang. Aku memesan bus yang berangkat pukul 8 pagi. Tiket bus dibanderol sebesar USD 2. Jadwal keberangkatan bus setiap satu jam selain jam 7 pagi. Bus pertama berangkat jam enam pagi. Entah kenapa bus tidak beroperasi pada jam 7 pagi. Mungkin dikarenakan faktor jam pergi kantor sehingga sering menyebabkan kemacetan di jalan.

Tepat pukul 8 pagi bus yang Aku naiki berangkat meninggalkan Old Quarter. Melintasi pagi yang masih diselimuti kabut. Menuju bandara No Bai, Hanoi. Bus terisi penuh. Perjalanan menuju bandara menghabiskan waktu 45 menit.

Setibanya di bandara Aku langsung menuju konter check-in. Menyerahkan paspor dan lembaran tiket yang berisi kode booking. petugas hanya mengambil pasporku. Tiket yang Aku berikan tadi langsung ditolaknya. Ternyata ia hanya butuh data di paspor saja untuk mencocokkan dengan dataku yang sudah terekam di database online.

Selesai urusan check-in Aku langsung menuju proses pengecekan masuk selanjutnya, yaitu pengecopan paspor. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Aku memasuki ruang tunggu dan duduk menanti hingga waktu keberangkatan tiba pada pukul 11 siang nanti. Memanfaatkan waktu tersisa dengan berbincang dengan warga Jepang yang duduk tepat di depanku.

Petugas informasi mengumumkan bahwa pesawat tujuan Singapura yang akan Aku naiki tidak lama lagi akan lepas landas. Aku dan penumpang lainnya berbaris antri untuk melewati pemeriksaan boarding pass. Tak berapa lama lagi Aku benar-benar akan meninggalkan negeri Paman Ho ini. Menuju negeri Paman Lee, Singapura.

2 Comments

Posted by on August 18, 2015 in Uncategorized

2 responses to “Bye, Vietnam!

1. Yusmardi

February 23, 2016 at 7:47 am

Benar2 sebuah perjalanan yang sangat menginspirasi Mas, sayang tidak dilengkapi dengan foto2nya, foto orang2 yang berkesan selama dalam perjalanan, jangan2 orang2 YG ditemui cuman efektif, atau sekedar pelengkap cerita.

• inovadli

February 24, 2016 at 9:18 am

Iya, mas. Kemarin ga sempat mau upload foto. Nanti menyusul ya hehe. Rencana nanti di buku lebih komplit foto2nya. Terimakasih mas Yusmardi 🙂