RSS

Coastal Area, Taman Kota nan Megah di Tepi Laut Karimun

31 Dec

IMG_0051edit-c

Kabupaten Karimun semakin menggeliat saja. Pembangunan di dalamnya terus digenjot. Salah satunya adalah maha karya berupa taman kota nan megah di tepi laut bernama Coastal Area. Tempat ini menjadi tujuan favorit warga Karimun saat menghabiskan waktu bersantai di sore hari.

Coastal Area dibangun persis di pinggir laut. Didesain menarik dengan konsep dibagian tepinya dipagari bangunan berbentuk koridor raksasa. Di sisi yang menghadap ke laut dibiarkan terbuka dengan sedikit pembatas. Di tengahnya berupa lapangan yang juga biasa digunakan sebagai tempat upacara hari kemerdekaan. Ornamen berupa replika 6 buah bambu runcing raksasa terdapat persis di pusat lapangan.

Disini, ragam permainan bagi anak-anak tersedia saat sore menjelang. Seperti odong-odong, kendaraan remote control, becak mini, dan beberapa permainan lainnya. Saat malam menjelang, aneka jajanan gerobak yang membentang di sayap kanan dan kiri kawasan tersebut membentuk area taman kuliner atau pujasera yang bisa dinikmati. Mulai dari nasi goreng, sate, mie ayam, teh tarik, es jeruk, dan aneka jajanan lainnya. Harganya pun terjangkau di kantong.

Tidak hanya di dalam area kawasan Coastal Area, pada bagian luarnya tepat di bibir pulau terdapat juga taman-taman mungil yang dilengkapi dengan bangku tempat bersantai. Tempat tersebut bisa menjadi pilihan sambil duduk-duduk melihat panorama laut nan luas yang dilintasi lalu-lalang feri antar pulau.

Jalan yang berada di depan Coastal Area merupakan jalan baru yang mirip seperti jalan raya di kota-kota metropolitan. Jalan ini memang belum ramai digunakan sebagai jalan umum karena sebagiannya masih dalam proses pengerjaan. Pada bagian tengah jalan dipajang spanduk-spanduk yang bertuliskan 99 asmaul husna yang berjarak 10 meter antar spanduknya.

Saat sedang menaiki feri dari Batam atau Malaysia menuju Karimun maka lokasi Coastal Area yang megah ini akan dengan mudah terlihat dengan jelas dari kejauhan. Bangunannya yang khas membuat panorama Pulau Karimun ini terlihat mencolok di antara bangunan lainnya.

Jika ingin mencicipi panganan khas Melayu cukup menyeberang jalan dari Coastal Area. Ya, lokasinya berada tepat di depannya. Anda bisa mencicipi laksa, kue bingka, serabi, dan ragam jajanan kue-kue nan lezat.

Cobalah telusuri sepanjang jalan nan lebar ini. Maka akan didapatkan para penjual jajanan paling fenomenal khas cita rasa melayu bernama Lendot. Makanan ini sedikit mirip sayuran berkuah. Hanya saja kuahnya bertekstur lendir seperti lem. Selama menyusuri jalan tersebut maka tepat di hadapan akan tampak panorama berupa Gunung Anak Karimun yang memesona.

Pulau Karimun dapat ditempuh dari Batam dengan menggunakan feri selama Bagi Anda dari ,5 jam. Selain itu, akses dari luar negeri pun bias terhubung langsung ke Negeri Berazam ini, yaitu dari Singapura dan Malaysia dengan jarak tempuh 1 jam saja. Saat tiba di pelabuhannya, tepat di pusat kota Tanjungbalai maka hanya membutuhkan jarak satu kilometer untuk menuju taman nan megah tersebut. Yap, lokasinya bersebelahan dengan pelabuhan utama di Karmun ini.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 31, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: