RSS

Kapal Kelud: Merasakan Sensasi Kota Metropolitan di Atas Laut

31 Dec

10645171_10204223980813205_5118840145308646003_n

Saat ini pilihan transportasi udara memang menjadi favorit saat bepergian keluar kota. Pilihan transportasi darat dan laut seperti bus dan kapal sudah semakin ditinggalkan. Hal ini disebabkan persaingan harga yang semakin kompetitif. Menggunakan pesawat bukan menjadi barang mewah lagi. Kini siapapun bisa merasakannya. Dan tentunya jarak tempuh yang jauh lebih cepat.

Tetapi persaingan harga yang semakin ketat tidak membuat transportasi laut menyerah begitu saja. Terbukti dari inovasi-inovasi yang dilakukan oleh armada milik perusahaan pelayaran nasional PT. Pelni bernama KM. KELUD. Berbagai fasilitas tersedia di kapal pesiar yang melayani rute Jakarta – Batam – Karimun – Medan ini. Seperti bioskop, kafe, musola, restoran, minimarket, dan pusat jajanan.

Kapal ini memiliki 9 dek (lantai). Mulai dek 2 hingga 6 merupakan area bagi penumpang dengan berbagai tipe kelas. Fasilitas tempat tidur bagi penumpang dibagi menjadi dua tipe kelas: ekonomi dan kamar. Kelas ekonomi terdapat di tiga dek (2,3,4) yang berkonsep terbuka menyerupai barak tentara. Tempat tidur dijejer berdekatan. Setiap ruasnya diisi 8 tempat tidur, begitu seterusnya memanjang membentuk paralel.

Kelas dengan tipe kamar terdapat di dek 5 dan 6. Tipe ini dibagi lagi menjadi empat kategori, Kelas I (A & B) dan II (A & B). Kelas I A merupakan tipe termahal, sedangkan kelas II B merupakan tipe termurah. Kamar dengan tipe kelas II ditempati secara bersama-sama dengan penumpang lain dengan maksimal 6 orang atau tiga pasang tempat tidur tingkat untuk kategori A dan 8 orang atau empat pasang tempat tidur tingkat untuk kategori B. Sementara kamar dengan tipe kelas I bisa ditempati secara privasi bersama keluarga. Lebih nyaman dan tenang. Kamar-kamar berjejer di kanan-kiri yang dipisahkan sebuah koridor mirip suasana di hotel berbintang.

Fasilitas restoran di dalam kapal ini tidak ubahnya restoran di daratan. Eksklusif dan elegan. Tempat makan ini bisa diakses secara gratis oleh penumpang yang menempati tipe kelas I dan II. Hidangan pagi, siang, dan malam senantiasa tersaji di sini. Sementara bagi penumpang kelas ekonomi sajian makan bisa diambil di pantry pada dek 4 yang harus antri dengan penumpang lainnya. Dan tentu saja gratis.

Usai kenyang mengisi perut bisa menikmati ragam fasilitas lainnya yang tersedia di kapal ini. Seperti kehadiran bioskop yang mampu meredam rasa bosan selama berlayar. Layar lebar ini terdapat di dek 2 dengan tiket masuk sebesar Rp. 15 ribu. Film-film yang ditayangkan pun beragam. Mulai dari film Indonesia, Barat, hingga India. Informasi tayangan film senantiasa diumumkan melalui speaker-speaker yang terdapat di tiap sudut kapal.

Bagi yang ingin bersantai menikmati panorama laut nan terbentang luas sambil seruput secangkir kopi, fasilitas kafe di dek 8 bisa dijadikan pilihan. Pada dek ini khusus hanya ditempati kafe. Lokasinya berada satu dek dengan area milik awak kapal namun dipisahkan dengan tembok pembatas. Pada kafe ini terdapat sebuah minimarket waralaba ternama yang baru saja beroperasi, Alfamart.

Bagi umat Islam yang senantiasa beribadah setiap hari bisa dengan nyaman menunaikan sholat di musolanya yang luas, berkarpet empuk, dan dingin. Terletak di dek 7 dengan luas 2,5 kali lapangan badminton. Biasanya sholat dilakukan secara musafir, dijamak pada waktu Dzuhur dan Maghrib.

Kapal pesiar nan besar ini memiliki koridor yang juga lebar dan panjang sehingga cukup puas meski sekadar berjalan-jalan santai mengelilinginya. Koridor ini terdapat di dek 7 dan merupakan tempat favorit para penumpang. Beberapa kursi tempat bersantai tersedia di sepanjang koridor.

Di kapal ini juga tersedia klinik bagi penumpang yang sakit. Datang saja ke dek 7 jika membutuhkan bantuan kesehatan.

Jadi, tidak perlu pikir panjang lagi untuk menikmati berlayar dengan transportasi laut khususnya KM. Kelud. Keunggulan kapal pesiar ini telah terbukti dengan penghargaan yang diraih sebagai armada terbaik tahun 2010 dari PT. Pelni.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 31, 2015 in Uncategorized

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: