RSS

Kolong Bebek: Mendengar Nyanyian Jangkrik di Siang Bolong

31 Dec

IMG00152-20150926-1617

Pulau Kundur terkenal sebagai penghasil timah. Kekayaan alam ini tidak hanya terdapat di wilayah laut, tetapi juga di daratan. Hal ini menyebabkan beberapa daratan yang dikeruk membentuk sebuah kawah yang mengeluarkan air di atasnya. Sebagaimana danau, bekas penggalian timah yang seluas lapangan sepakbola ini memancarkan air nan bening. Danau bekas penggalian timah ini oleh masyarakat setempat disebut dengan Kolong.

Ada sekitar 10 kolong di Pulau Kundur. Namun baru satu yang disulap menjadi objek wisata yaitu di Desa Gemuruh, wilayah Kundur bagian utara. Di sini terdapat wahana sepeda air yang menyerupai bebek. Dari wahana inilah sehingga tempat ini lebih dikenal dengan nama Kolong Bebek.

Menyusuri danau dengan sepeda air merupakan daya tarik bagi tempat wisata ini. Tidak hanya itu, lokasinya yang berada di tengah hutan mampu memberikan rasa tenang dan damai. Ocehan jangkrik yang saling bersahutan memberikan sensasi tersendiri. Rasa lelah dan beban akibat urusan pekerjaan pun sirna.

Jika tidak ingin bermain sepeda air, deretan pondok terapung di pinggiran danau bisa dijadikan pilihan untuk bersantai. Menikmati sepi dan syahdunya alam di tengah hutan sembari mendengar nyanyian burung. Di sini juga tersedia makanan yang bisa dipesan seperti nasi goreng, mie goreng, teh manis, kopi, dll. Mencicipi santapan sambil menikmati panorama alam dari dalam pondok yang mampu menggugah selera.

Jarak objek wisata ini cukup jauh dari pusat kota di Pulau Kundur, Tanjungbatu. Kolong Bebek terletak di ujung utara Pulau Kundur. Sementara pusat kota, Tanjungbatu, terdapat di ujung selatan. Memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Tetapi tidak perlu khawatir, karena di bagian utara pulau ini juga terdapat pelabuhan feri yang justru berjarak lebih dekat dengan pulau di seberang yang merupakan ibukota dari Kabupaten Karimun. Jadi sangat mudah diakses dari Pulau Batam.

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on December 31, 2015 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , ,

2 responses to “Kolong Bebek: Mendengar Nyanyian Jangkrik di Siang Bolong

  1. wenceu

    January 20, 2016 at 2:55 am

    saya belum pernah ke pulau kundur deh. ada yang mau bayarin taaaak

     
    • inovadli

      February 22, 2016 at 8:55 am

      minta ditugasin aja dari kantor buat ngeliput ke Pulau Kundur sehari, mba. sambil berenang minum air. haha

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: