RSS

Terkenang Eksotika Pulau Dewata

11 May

Parasailing

Pertama kali menginjakkan kaki di Bali adalah saat masih duduk di bangku kelas 2 SMA di Yogyakarta. Sekolah mengadakan studi tur ke pulau paling eksotis negeri ini. Terang saja sebagai seorang yang berasal dari pulau saya merasa riang mendengarnya. Saat itu saya hidup sebagai anak kos yang berasal dari Pulau Kundur, Provinsi Kepri. Bali adalah destinasi impian bagi semua orang.

Kali kedua kembali menikmati alam Pulau Bali saat telah berstatus sebagai karyawan di Pulau Batam. Kantor rutin mengadakan wisata setahun sekali dan pilihan destinasi jatuh kepada pulau imut nan menawan ini. Tentu saja tidak menolak karena Bali memang tidak cukup dikunjungi hanya sekali.

Tanah Lot

Setiba di Bali objek wisata Tanah Lot menjadi spot pertama. Ini merupakan salah satu tempat sakral umat Hindu. Berlokasi di bibir pantai yang dipenuhi dengan bebatuan karang. Sebuah pura terdapat di atas laut berjarak sekitar 30 meter dari bibir pantai. Pura ini berdiri kokoh di atas sebuah batu karang setinggi 5 meter. Terpaan ombak menghantam bebatuan karang di tepiannya.

Selain pantai, Bali memiliki hutan yang disulap menjadi tempat wisata bernama Palasangeh. Hutan ini dihuni oleh ribuan kera. Hewan primata ini tidak mengganggu, bahkan bisa diajak foto bersama. Jalan-jalan setapak berlapis semen di dalamnya ditata dengan apik dan ramah bagi wisatawan. Di dalam hutan ini terdapat sebuah pura.

Beralih ke danau. Di Pulau Dewata ini terdapat sebuah danau cantik bernama Bedugul. Terdapat ragam wahana yang bisa disewa di dalamnya seperti sepeda air, kano, jet ski, hingga paraseiling. Sejuk dan tenang. Begitulah yang dirasakan saat berkunjung ke danau ini. Di sini juga terdapat sebuah pura.

228702_1962267769865_4591860_n

Berarung jeram di Sungai Ayung

Objek wisata lainya adalah Pantai Kuta. Pantai ini sangat terkenal. Tak heran jika di sekitar pantai disesaki oleh ratusan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di bibir pantai ini terdapat sebuah jalan beraspal. Di tepiannya berdiri banyak hotel, restoran, hingga pusat oleh-oleh.

Kuta

Riuh wisatawan di Pantai Kuta

Pantai Sanur pun tak kalah eksotis. Terkesan lebih sepi dan lebih memikat ketimbang Pantai Kuta. Hamparan laut dan langit yang berwarna sama biru berpadu indah. Menariknya lagi pasir pantai ini memiliki bulir serupa merica.

Satu objek lagi adalah Istana Tampak Siring. Tempat ini memiliki izin khusus untuk memasukinya. Tidak dijadikan tempat wisata. Beruntung diperbolehkan melongok isi dalamnya karena tujuan untuk studi tur. Di belakang istana ini terdapat tempat favorit Presiden Soekarno untuk bersantai.

Pantai Kuta

Menanti senja di Pantai Kuta

Meski kunjungan ke Bali disambi dengan belajar dalam rangka studi tur namun perjalanan ini meninggalkan banyak kesan nan memuaskan. Bali memang pantas disebut sebagai primadona pariwisata Indonesia, Sebelum tiba di objek wisata saja sudah disuguhi dengan rumah-rumah yang memiliki bentuk artistik di sepanjang jalan. Sangat memanjakan mata.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 11, 2016 in traveling

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: