RSS

Perpaduan Rasa Kampung Berbalut Modernisasi di Malaka

11 Nov

img20161103131041

In Case You didn’t know Melaka. Banyak tempat-tempat menarik di Malaka yang belum banyak diketahui. Selama ini wisatawan hanya mengenal Gereja Merah, Jonker Sreet, dan Taming Sari. Tapi tahukah Anda di kota yang pernah dijejaki Portugis ini ternyata menyimpan banyak pilihan destinasi menarik.

Malaysia sedang gencar merancang konsep penginapan ala rumah penduduk kampung atau homestay. Wisatawan akan diajak untuk merasakan sensasi tinggal di kawasan perkampungan dan menginap di salah satu rumah penduduk setempat. Jika selama ini menginap itu identik dengan hotel, namun kali ini wisatawan akan bisa merasakan kehidupan sesungguhnya masyarakat kampung.

img20161103132619img20161103134303

Salah satu daerah yang memiliki homestay di Malaka adalah Kampung Alai. Kampung ini memiliki 13 homestay. Rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay akan dilabeli dengan tanda seukuran postcard yang ditempel di depan rumah. Tarif menginap per malam di homestay ini rata-rata adalah 300 ringgit.

Saat berkunjung ke Kampung Alai kami disuguhi berbagai kegiatan seru. Mulai dari sajian grup musik khas melayu, makan ala orang kampung, hingga melihat demo cara membuat kue Melaka dan Inang-inang. Tak ketinggalan minuman khas setempat. Di Malaysia sajian teh akan selalu identik dengan campuran susu atau teh tarik.

Menyusuri Sungai Malaka

Sungguh menyenangkan bisa turut terlibat dalam kegiatan sehari-hari warga kampung di Melaka. Selanjutnya kami menuju ke kota untuk menyusuri sungai Malaka. Kota Malaka memiliki sungai-sungai kecil di pusat kota. Wajar saja jika portugis tertarik untuk menuju ke kota ini karena lokasinya yang strategis memiliki jalur untuk pelayaran kapal-kapal mereka.

img20161103181448

Bus yang membawa kami tiba di pelabuhan sungai Malaka. Tampak beberapa kapal wisata yang siap membawa wisatawan. Tulisan Malaka River Cruise terpampang di seberang sungai. Kapal yang berkapasitas 50 penumpang ini siap membawa kami menikmati indahnya kota Malaka.

Wow. Satu kata itu terucap dari mulut saya selama menyusuri Sungai Malaka. Berbagai penampakan menarik terlihat dari sungai ini. Mulai dari bangunan-bangunan tua yang tetap terjaga, cafe-cafe dengan desain kreatif, hotel-hotel berbintang dan unik, taman-taman yang dipajang tanaman hias, hingga tembok-tembok rumah yang dilukis karikatur yang menggambarkan sejarah kota Malaka.

Hal menarik lainnya saat menyusuri sungai Malaka ini adalah terdapat banyak jembatan-jembatan yang melintasi sungai dengan ragam desain menarik. Tiap jembatan tertera nama-nama kampung atau lokasi keberadaan jembatan tersebut seperti jembatan Kampung Jawa.

img20161103182358

img20161103183907

Puas rasanya menyusuri sungai Malaka dengan rute sejauh 3 kilometer. Saat tiba di titik pemberhentian terakhir senja mulai merona. Mentari hampir terbenam. Momen indahnya suasana senja menjadi sasaran para fotografer.

Senja menghilang. Malam pun menjelang. Dari tempat pemberhentian kapal tadi kami berjalan kaki menuju Restoran Nyonya Suan untuk makan malam. Jaraknya cukup dekat. Di kawasan Dataran Pahlawan depan menara taming sari. Olahan menu seafood yang tersaji di restoran romantis ini sungguh menggugah selera.

Setelah makan malam kami kembali menuju Hotel The Settlement. Agenda malam ini adalah berkumpul sambil karaoke di sky bar, puncak gedung hotel elegan ini. Cuaca sangat bersahabat malam ini. Kafe tak beratap di atas gedung sangat nyaman sebagai tempat berkumpul. Sajian makanan dan minuman ringan turut menemani kehangatan silaturahmi di hari pertama ini.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on November 11, 2016 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: