RSS

Tidore untuk Indonesia: Melihat Tidore

17 Mar
tidore republika

Keindahan laut Tidore (foto republika)

Mendengar kata Tidore, seakan dibawa kembali ke masa-masa ketika duduk di bangku sekolah. Aku mengenalnya pertama kali dari buku pelajaran sejarah. Tidore melekat di ingatanku hingga saat ini, selain Ternate, kerajaan di pulau seberangnya yang sering dikisahkan bersamaan di buku pelajaran sejarah.

Melihat Tidore. Banyak orang Indonesia yang mengetahui Tidore hanya dalam rangkaian aksara. Sama halnya denganku, sekadar mengetahui tentang kisah masa lalu Tidore yang terangkum dalam buku pelajaran sejarah. Umumnya, mereka yang pernah mempelajari sejarah Tidore di bangku sekolah, mengenal Tidore hanya dalam bentuk sebuah kerajaan. Khususnya, mereka yang hidup di Indonesia bagian barat.

Untuk itu, mengapa aku menggunakan judul ‘Melihat Tidore’ pada tulisan ini. Tidak lain adalah ingin mengajak mereka yang hanya mengetahui Tidore dari buku pelajaran sejarah, untuk melihat wujud sesungguhnya pulau cantik nan eksotis ini.

Sebagaimana diceritakan pada buku pelajaran sejarah, Tidore merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di Indonesia bagian timur, yang terletak di Pulau Tidore, sebuah pulau kecil di Provinsi Maluku Utara (Malut). Meski berukuran mungil, namun peran Pulau Tidore sangat berpengaruh bagi provinsi bermayoritas Muslim ini.

Malut merupakan provinsi kepulauan dengan pulau terbesarnya bernama Halmahera. Tahukah Anda, Pulau Tidore hanya sebesar sekitar lima persen dari Pulau Halmahera yang jauh lebih besar? Goresan sejarah yang tertoreh serta kekayaan rempah yang melimpah ruah membuat Pulau Tidore menjadi sangat penting.

Pulau Tidore berstatus kotamadya sejak tahun 2003 dengan nama Kota Tidore Kepulauan. Kecil-kecil cabe rawit, istilah ini pantas di sandang pulau imut ini. Sebagian daratan di Pulau Halmahera merupakan bagian dari wilayah administratif Kota Tidore Kepulauan.

Selama 10 tahun, Ibukota Provinsi Malut berada di Ternate. Namun, sejak tahun 2010, Ibukota Provinsi dipindahkan ke Pulau Halmahera, tepatnya di Kota Sofifi. Meski berbeda pulau, namun Sofifi masih berada di wilayah administratif Kota Tidore Kepulauan.

Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Tidore membuatnya menjadi sasaran empuk bagi penjajah asal Eropa pada masa lalu. Tidore kaya akan tanaman cengkeh dan pala yang melimpah. Hingga saat ini, produksi cengkeh dan pala di Malut masih menjadi primadona di negeri gemah ripah loh jinawi ini. Nilai jualnya yang aduhai, mampu menjadi penopang bagi perekonomian masyarakat Malut, khususnya Tidore.

Kesultanan Tidore saat ini dipimpin oleh Sultan Tidore ke-37, Husain Syah, yang dinobatkan pada tahun 2014.

Provinsi Maluku Utara. Mungkin sebagian Anda yang mendengar kata ‘Maluku’ di dalamnya akan mengidentikkan dengan Ambon. Ya, Kota Ambon memang merupakan Ibukota Provinsi Maluku. Tetapi, kedua wilayah ini telah berpisah sejak 1999, membentuk provinsi masing-masing: Provinsi Maluku yang berpusat di Ambon dan Provinsi Maluku Utara yang berpusat di Sofifi.

Secara ras dan budaya, kedua wilayah ini memiliki perbedaan. Penduduk Maluku cenderung berkulit lebih gelap dibandingkan penduduk Maluku Utara. Dari segi agama, penduduk Malut bermayoritas Islam, bahkan dikenal kental dengan nuansa syariat Islam. Sedangkan penduduk Maluku, khususnya di Kota Ambon, bermayoritas Nasrani.

Dari segi bahasa, Malut cenderung mirip dengan Sulawesi Utara. Hal ini saya ketahui saat bertemu dengan delegasi asal Malut dan Sulawesi Utara pada sebuah program kepemudaan.

Kejayaan Islam di Indonesia Timur, khususnya di Maluku Utara, disebar oleh para pedagang dari Arab ke berbagai daerah mulai dari Sulawesi hingga Papua.

Tidore Bumi Pilihan

Rasanya tidak ada yang menyangkal bahwa keindahan alam laut di wilayah Indonesia bagian timur sangat memesona. Tak terkecuali Tidore. Secara geografis, Tidore terletak berdekatan dengan Sulawesi Utara yang terkenal dengan Taman Laut Bunaken-nya yang mendunia, dan Sulawesi Tenggara yang populer dengan Taman Laut Wakatobi. Jika pernah mendengar keindahan kedua tempat di Sulawesi itu, secara tidak langsung Anda akan mengakui keindahan laut Tidore yang berdekatan.

Malut bagaikan bumi pilihan alam semesta. Fenomena alam yang sangat langka memilih Tidore sebagai salah satu singgasana persinggahan. Gerhana Matahari Total (GMT). Ya, fenomena yang luar biasa ini sempat menjadi perhatian dunia pada tahun 2016 lalu. Hanya terjadi di beberapa daerah, salah satunya Malut.

Bahkan, Putri Raja Thailand, Maha Chakri Sirindhorn, memilih Malut sebagai tempat menyaksikan fenomena alam nan langka tersebut. Padahal, ada dua tempat lainnya yang menjadi titik persinggahan GMT.

 

Advertisements
 
7 Comments

Posted by on March 17, 2017 in Uncategorized

 

Tags: , ,

7 responses to “Tidore untuk Indonesia: Melihat Tidore

  1. Sri murni

    March 18, 2017 at 7:22 am

    Tidore…. Semoga sy dapat tugas ke sana…. Semoga memang ya tulisannya fadli

     
  2. ahmadi sultan

    March 18, 2017 at 1:42 pm

    Kayaknya pengalaman masa kecil yang sama 🙂
    Waktu SD udah sering dengar nama Tidore

     
  3. Danan Wahyu Sumirat

    March 19, 2017 at 8:00 pm

    pendek kali kak tulisannya :p
    biasanya kalau ikutan lomba , artikel panjang menjuntai kaya skripsi , lalu isinya infografis , foto , video dll…

     
  4. Yulia Marza

    March 20, 2017 at 5:30 am

    tidore, bagian dari Indonesia, tapi taunya pas pelajaran di sekolah dulu. Oh, ini artikel untuk lomba yach. mudah2an menang ya da fad.

     
  5. Robbi Hafzan

    March 21, 2017 at 9:46 am

    manteb, semoga berjaya bg fadly… 🙂

     
  6. liandamarta.com

    March 26, 2017 at 1:12 pm

    Tidoreeee.. aku pun ingin ke sana. Semoga dirimu menang ya, Fadli 🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: