RSS

Pertemuan Tak Terduga dengan Teman SMA

05 Apr
Ketemu teman SMA Dani

Tak sengaja, ketemu teman SMA di Pulau Kundur, setelah 12 tahun.

Masa SMA aku habiskan di Kota Gudeg, Yogyakarta. Kota ini dipenuhi dengan anak rantau dari berbagai daerah, Sabang sampai Merauke. Tidak hanya anak kuliahan, anak SMA juga banyak yang berstatus anak rantau di sini. Seperti di sekolahku, 60 persen siswanya merupakan orang luar Jogja. Mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Tentu saja yang mendominasi dari daerah-dearah terdekat seperti Jawa Tengah. Semua kabupaten di Jawa Tengah ada di sekolah ini. Salah satunya temanku Dani yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah.

Setelah diterima di SMA, aku memilih kos tak jauh dari sekolah. Ternyata  selain aku, ada lima orang siswa baru yang kos di sini, salah satunya Dani. Dani merupakan anak yang pintar. Dari kelas satu hingga kelas tiga ia selalu meraih peringkat tiga besar. Meski tidak pernah sekelas, namun keakraban teman-teman satu kos terasa di sini.

Singkat cerita, tiba masa kelulusan SMA. Dani diterima di Kedokteran Umum UGM. Sejak lulus SMA kami tidak pernah bertemu lagi, komunikasi pun sangat jarang. Di media sosial pun Dani hampir tidak pernah aktif, dapat dihitung jari.

Terhitung selama 12 tahun aku tidak pernah bertemu Dani lagi.

12 tahun kemudian..

Suatu ketika, aku pulang ke Pulau Kundur melalui pelabuhan Selatbeliah. Pelabuhan ini terletak di ujung utara, berjarak dekat dengan Ibukota Kabupaten Karimun, Tanjungbalai. Namun pelabuhan ini lebih sepi, karena bukan pelabuhan utama. Pelabuhan utama terletak di ujung selatan, pusat kota Pulau Kundur, Tanjungbatu,. Dari utara ke selatan berjarak satu jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Setiba di Pelabuhan Selatbeliah, aku mengambil sepeda motor yang dititipkan di Pelabuhan. Motor perlahan berjalan meninggalkan pelabuhan. Membelah hutan yang sebagiannya sudah berubah menjadi jalan lebar dan beraspal mulus sepanjang satu kilometer.

Kemudian memasuki wilayah penduduk, melintasi ruko-ruko yang masih jarang yang dijadikan pusat pasar di wilayah utara. Wilayah utara Pulau Kundur ini terdapat perusahaan milik negara, PT. Timah. Ya, hasil bumi berupa emas hitam itu banyak ditemukan di sini. Pulau Kundur merupakan salah satu dari tiga penghasil timah terbesar di Indonesia selain Bangka Belitung dan Lingga.

Aku membawa motor dengan santai. Menikmati udara segar yang masih alami di daerah ini. Dari arah yang berlawanan tampak seseorang mengendarai sepeda motor, wajahnya sangat familiar. Sempat tak percaya apakah benar orang itu adalah Dani teman SMA-ku?

Bagaimana mungkin ia bisa nyasar ke Pulau Kundur? Pulau yang sangat asing di telinga. Jangankan di Jawa sana, di provinsinya sendiri saja, Kepri, pulau ini nyaris tidak terdengar gaungnya. Berbeda jika aku melihatnya di Batam atau Tanjungpinang yang merupakan kota utama tempat orang-orang melancong atau melakukan perjalanan dinas.

Aku memberanikan diri mengejar motor sosok pria berkacamata yang berboncengan dengan wanita berhijab itu. Membalikkan arah motor. Ia memarkirkan kendaraannya di depan minimarket. Aku menyusul di sebelahnya. Dan memanggil namanya untuk meyakinkan apakah benar orang yang aku maksud. “Dani?”

Benar. Pria itu adalah Dani teman SMA-ku yang sudah 12 tahun tidak berjumpa. Wajahnya tidak berubah sehingga mudah dikenali. Dani tidak pernah meng-upload fotonya di media sosial. Ternyata wanita yang diboncengnya adalah istrinya. Dani diterima sebagai dokter di PT. Timah penempatan di Pulau Kundur.

Advertisements
 
5 Comments

Posted by on April 5, 2017 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , ,

5 responses to “Pertemuan Tak Terduga dengan Teman SMA

  1. Silviana Noerita

    April 5, 2017 at 6:50 am

    wah senangnya berjumpa kawan lama, kalau saya ketemu kawan lama obrolannya pasti soal nostalgia, terus menanyakan kabar teman-teman lainnya. 😀

     
  2. Annisakih

    April 5, 2017 at 7:15 am

    Wuah, pasti surprise sekali ya.. Senangnya bertemu teman lama seperti ini

     
  3. Yulia Marza

    April 5, 2017 at 10:25 am

    Senangnya bang Fadli ketemu kawan lama. Langsung reunian tuh.

     
  4. ahmadi sultan

    April 5, 2017 at 12:51 pm

    Wahhh senangnya ya! Benar-benar pertemuan yang tak terduga!

     
    • Dian Radiata

      April 5, 2017 at 3:23 pm

      Seneng ya kalo ketemu teman yang udah puluhan tahun gak pernah ketemu..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: