RSS

7 Cara Mudah menuju Pulau Kundur

12 Apr

12049292_10207173785756485_3063469775878425354_n

Pulau Kundur merupakan salah satu pulau di Provinsi Kepri. Provinsi yang dikenal sebagai daerah maritim ini memiliki ribuan pulau. Tidak hanya pulau kecil, setiap kabupaten yang bernaung di proivnsi ini saja terpisah oleh lautan: Batam, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna, dan Anambas. Enam kabupaten tersebut berada di enam pulau yang berbeda.

Coba tebak Pulau Kundur berada di kabupaten yang mana? Benar, Karimun. Meski berada di Kabupaten Karimun, namun masih terpisah pulau lagi.

Pulau Karimun, pulau ini merupakan wilayah administratif yang berpusat di Kota Tanjungbalai (Bukan Tanjungbalai Asahan). Meski lebih kecil dari Pulau Kundur namun semua kantor pemerintahan berdiri di pulau ini.

Pulau Kundur, pulau ini merupakan pulau terbesar di wialyah Karimun, dua kali lebih luas dari Pulau Karimun. Pulau Kundur dikenal sebagai penghasil durian yang unggul. Selain itu, gubernur pertama Provinsi Kepri berasal dari pulau ini, (Alm.) HM. Sani.

Nah, bagi yang ingin berkunjung ke Pulau Kundur, berikut 10 alternatif yang bisa dilakukan.

  1. Batam – Tanjungbatu

Tanjungbatu merupakan ibukota Pulau Kundur. Letaknya di ujung selatan. Wilayah ini memiliki penduduk paling padat. Jalur Batam – Tanjungbatu merupakan yang paling favorit. Dalam sehari ada lebih dari lima kali keberangkatan, mulai pagi hingga sore hari sekitar pukul dua siang. Ada dua alternatif pelabuhan di Batam untuk menuju Tanjungbatu, Sekupang dan Habrour Bay.

 

  1. Pulau Karimun – Selatbeliah

Rute ini merupakan yang paling dekat antara Pulau Karimun dengan Pulau Kundur. Pelabuhan di Pulau Karimun berada di pusat kota Tanjungbalai. Dari Tanjungbalai ke Selatbeliah hanya membutuhkan 15 menit menggunakan speed boat.

 

  1. Pulau Karimun – Tanjungbatu

Dulu, rute ini merupakan yang paling sering. Namun, sejak pelabuhan selatbeliah dipercantik, rute ke Tanjungbatu mulai berkurang. Dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjungbatu memakan waktu satu jam menggunakan feri cepat.

 

  1. Pulau Karimun – Tanjungberlian (Urung)

Tanjungberlian berada di tengah-tengah Pulau Kundur, antara Tanjungbatu dengan Selatbeliah. Dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjungberlian menghabiskan waktu 30 menit perjalanan.

 

  1. Tanjungpinang – Tanjungbatu

Tanjungpinang merupakan Ibukota Provinsi Kepri, berada di Pulau Bintan. Dari tanjungpinang ke Tanjungbatu hanya satu kali keberangaktan dalam sehari, yaitu pukul tujuh pagi. Lama perjalanan pada rute ini adalah dua jam mengguanakan feri cepat.

 

  1. Tembilahan (Riau) – Tanjungbatu

Ini merupakan rute antar provinsi: Riau dan Kepri. Intensitas keberangkatan biasanya dua kali dalam seminggu, pada hari-hari tertentu. Jarak perjalanan dari Tembilahan ke Tanjungbatu selama lima jam.

 

  1. Kualatungkal (Jambi) – Tanjungbatu

Ini merupakan rute antar provinsi paling jauh: Jambi dan Kepri. Lama perjalanan dari Kualatungkal ke Tanjungbatu adalah enam jam menggunakan feri cepat. Sama halnya dengan rute Tembilahan, rute ini hanya satu kali dalam seminggu, pada hari tertentu.

 

Gampang bukan? Perlu dicatat, pada rute Batam – Tanjungbatu atau Pulau Karimun – Selatbeliah, jika akan memilih keberangkatan kapal terakhir,  sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada petugas loket. Hal ini untuk menghindari dari perubahan jadwal kapal. Selamat bertualang ke Pulau Kundur.

Advertisements
 
5 Comments

Posted by on April 12, 2017 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

5 responses to “7 Cara Mudah menuju Pulau Kundur

  1. Annisakih

    April 12, 2017 at 1:36 pm

    Ternyata banyak jalan menuju Roma #eh Tanjung Batu.
    Iya, saya perhatikan sekarang pengunjung yang lewat selat Beliah makin rame ya..

     
  2. Avant Garde

    April 12, 2017 at 2:07 pm

    aku pernah naik kapal dari tanjong batu ke kuala tungkal sambung travel ke jambi hahaha… demi apa yah jama dulu, sekarang sih lebih suka pake pesawat dr batam 🙂

     
  3. ahmadisultan

    April 13, 2017 at 12:44 pm

    Dulu sering ke Kundur waktu masih tugas di Karimun. Trus ada teman yang sering ajak Lebaran di sana.

     
  4. menixnews

    April 15, 2017 at 9:20 am

    Tq Fadli review WAY TO Kundurnya…. sangat bermanfaat!

     
  5. Danan Wahyu Sumirat

    April 16, 2017 at 1:14 am

    kalau bisa diupdate tulisannya kasih info harga tiket , biar makin informatif

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: